5 Peluang Usaha Cepat Yang Punya Prospek Jangka Panjang

Contoh 5 Peluang Usaha Sederhana Yang Punya Prospek Jangka PanjangSaat ini banyak orang yang memiliki usaha sampingan untuk menambah pendapatan. Mulai dari mahasiswa, karyawan, bahkan ibu rumah tangga. Mereka menjajal peruntungan di dunia bisnis meski modalnya kecil. Suatu hal yang baik dan positif karena untuk menjadi wirausahawan memang tidak mudah, dibutuhkan dedikasi dan sifat ulet dalam berbisnis. Tapi, bukan berarti hal itu tidak mungkin, justru dengan memulai dari usaha kecil, maka naluri bisnis akan makin terasah, makin terbiasa berhitung dengan tantangan dan makin jeli melihat peluang usaha yang ada. Usaha sampingan bahkan bisa jadi batu loncatan untuk melangkah untuk mengembangkan usaha yang lebih besar.

Untuk memilih jenis usaha, jangan terlalu pilih-pilih, segeralah bertindak. Tapi sebaiknya juga jangan asal-asalan, pilihlah yang terasa paling nyaman saat anda mengerjakannya, pilih juga yang sekiranya punya prospek jangka panjang dan tahan lama, jangan pilih yang musiman atau cuma sekedar trend sesaat.

Lalu, wirausaha sampingan seperti apa yang menguntungkan saat ini? Berikut adalah 5 peluang usaha cepat yang punya prospek jangka panjang untuk maju dan makin berkembang.

1. Usaha Kuliner
Tahukah Anda mengapa peluang usaha kuliner tak pernah mati? Itu karena setiap kuliner memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Istilahnya, setiap makanan memiliki penggemarnya sendiri. Apalagi banyak orang yang suka makan tapi malas memasak. Anda bisa menggunakan peluang ini untuk membuka bisnis kuliner kecil-kecilan. Tentu, Anda tak perlu membangun dapur baru. Dengan modal sedikit saja, Anda sudah bisa membuka catering atau membuat kue. Jika modal memang terbatas, tenaga kerja bisa didapat dari keluarga dulu sebelum merekrut pegawai.
Bila ditekuni dan selalu kreatif mengembangkan produk dengan melakukan diferensiasi, anda bisa mengarah kepada usaha katering, rumah makan, resto atau membuka kerjasama dengan sistem franchise.

2. Usaha Online Shop
Saat ini penggunaan sosial media tidak dapat dibendung, hampir semua orang punya bermacam akun media sosial. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para penjual barang online. Entah itu baju, power bank, atau pernak-pernik lucu; sosial media menjadi metode marketing efektif yang hemat biaya. Banyak wirausaha yang meraup keuntungan fantastis hanya dengan berjualan online dengan sistem dropship, reseller atau keagenan tanpa harus memiliki produk dan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utamanya.
Bila ditekuni dan kreatif mengelola website dan media sosial, anda akan memiliki banyak penggemar setia yang otomatis menjadi market produk anda. Pengembangan online shop bisa mengarah kepada pembuatan brand produk-produk sendiri, bisa dijajaki kerja sama dengan pengrajin kecil atau UKM. Memiliki online shop juga berpeluang menembus pasar global setiap saat.

3. Usaha Jasa Transportasi
Jika Anda selalu mengantar dan menjemput anak di sekolah dengan mobil, tak ada salahnya membuka bisnis antar jemput dan menawarkannya kepada orang tua lain atau teman terdekat. Itu dapat dijadikan sebagai pengalaman awal bisnis, usaha ini dapat dikembangan dengan melihat peluang bisnis yang ada di bidang jasa transportasi, misalnya bergabung dengan Go-Box, rental mobil, tour and travel.

4. Fashion Designer
Jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, maka bakat ini sangat berguna untuk membuka peluang usaha sampingan. Saat ini, banyak orang yang memiliki desain baju impian tapi mereka tidak bisa menjahit sendiri. Apalagi, ukuran dan model yang ada di pasaran belum tentu selalu cocok dan pas di tubuh mereka. Target wirausaha jasa jahit-menjahit awalnya adalah ibu-ibu, remaja putri serta instansi yang membutuhkan seragam kantor. Pengembangannya dapat mengarah kepada usaha butik atau perancang busana dengan brand sendiri.

5. Web Design
Jasa web akan selalu berkembang karena banyak wirausaha yang membutuhkan ‘portfolio’ digital untuk memamerkan barang dan jasa mereka. Jika anda mahir menggunakan Photoshop, Illustrator, Corel, dan programming, Anda bisa membuka usaha web design atau logo design dan membantu bisnis-bisnis lain memiliki logo dan website mereka sendiri. Bila anda menekuni bidang ini dan banyak orang puas dengan layanan anda, anda tak perlu risau mencari konsumen karena kelak konsumen yang akan mencari anda.

Wirausaha memang membutuhkan ketekunan dan kejelian dalam melihat peluang. Taka kalah penting juga untuk selalu memperbanyak pertemanan dengan bergabung dalam berbagai komunitas bisnis, ikut dalam seminar dan kopi darat untuk bertukar pengalaman dan berbagi cerita dengan sesama wirausahawan. Bahkan seringkali peluang besar dan ide pengembangan usaha ditemukan disana. Ayoaction!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.