5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online
“Berapa harganya, sis?”
“Barang sudah diterima, makasih, gan!”

Anda yang sering melakukan transaksi jual beli online pasti sangat familiar dengan kalimat-kalimat di atas. Istilah-istilah dan lingo jual beli online memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Tampaknya, banyak jutawan yang memulai bisnisnya lewat internet. Anda juga bisa menjadi seperti mereka, tapi bagaimana caranya yah?

Bisnis online di tanah air memang semakin semarak dan peluang usaha serta marketnya sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin ambil bagian didalamnya. Bisnis ini menjadi pilihan banyak masyarakat karena dapat dilakukan sambil mobile tanpa menggangu aktivitas sehari-hari.

Menurut ahli marketing dan motivator, Tung Desem Waringin, ada beberapa kiat penting untuk memulai bisnis online. Yuk disimak 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online dibawah ini!

1. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya
Pengalaman adalah guru terbaik. Kata bijak tersebut juga berlaku untuk bisnis online apa saja. carilah referensi dan perbanyak informasi Anda seputar bisnis online. Selain ketrampilan, pengalaman merupakan hal yang harus dimiliki agar bisa sukses berwirausaha di dunia maya. Dengan pengalaman yang banyak, Anda dapat mengetahui cara tepat untuk memperoleh modal serta profit.

2. Tentukan peluang usaha yang akan dijalankan
Mulai dari kuliner, software, kerajinan tangan, baju, dan lain sebagainya, banyak peluang yang bisa diraih apabila anda jeli melihat dan mengamati. Pangsa pasar online sangat luas karena internet dapat mengubungkan kita dengan konsumen di kota lain bahkan di luar negeri tanpa batas. Apalagi dengan mudahnya bertransaksi dan banyaknya pilihan jasa pengiriman barang; bisnis Anda akan semakin mudah untuk dijalankan. Satu hal yang harus diingat, pengetahuan produk dan dimana pasar anda berada adalah hal yang penting anda kuasai. Dengan begitu, Anda bisa menjadi ‘sales’ yang handal saat konsumen bertanya tentang produk tersebut.

3. Konsep bisnis matang
Jangan melulu mengikuti tren. Tung Desem membagikan ilmunya tentang analisis SWOT. Tulislah apa yang menjadi strength, weakness, opportunity dan threat dalam bisnis Anda sebelum Anda memulainya. Berangkatlah dari situ untuk menjalankan usaha anda.

4. Media promosi
Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis anda. Media sosial bisa jadi alat promosi jitu untuk menarik konsumen. Dengan menghubungkan akun sosmed ke website Anda atau ke situs jualan anda, Anda akan memiliki network tersendiri yang dapat mengumpulkan para pelanggan loyal Anda tanpa harus repot-repot membagikan brosur di pinggir jalan.
Selain itu, Anda juga bisa mendaftar sebagai anggota di situs-situs marketplace yang ada di Indonesia. Ada banyak pilihan website yang bisa Anda masuki. Jika budget anda lebih, Anda bisa pula membuat website dengan domain sendiri sehingga memudahkan konsumen untuk ‘langsung datang’ ke toko Anda dan bertransaksi.

5. Budget
salah satu kelebihan online shop adalah minimnya budget. Anda tak perlu sewa tempat. Artinya, Anda sudah memangkas biaya modal usaha secara signifikan. Dengan minimnya modal usaha, maka kemungkinan untuk balik modal pun semakin cepat dan Anda tak terbebani dengan hutang-hutang yang menumpuk.

Semoga kiat sukses ini bermanfaat untuk bisnis online Anda!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.