6 Rahasia Sukses Wirausaha Untuk Keberhasilan Bisnis

6 Rahasia Sukses Wirausaha Untuk Keberhasilan BisnisSebagian besar pengusaha menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja hingga akhirnya mampu mencapai kesuksesan yang mereka miliki saat ini. Kita tentu lalu bertanya, Apa saya juga bisa melakukan itu? Mempelajari cara mereka bekerja, bagaimana memperbaiki kesalahan dan pengembangan karakter serta kepribadian mereka adalah rahasia sukses wirausaha dan hal itu akan mempersingkat jalan anda sendiri untuk sukses.

Biasanya akan dibutuhkan waktu bertahun-tahun mencoba trial and error untuk tahu rahasia sukses ini. Tapi satu-satunya rahasia yang sebenarnya adalah bahwa semua kesuksesan berawal dari tindakan, bukan pengetahuan. Tindakan kitalah yang akan mendorong terjadinya satu prestasi dengan memanfaatkan peluang usaha, lalu berlanjut ke pencapaian-pencapaian selanjutnya, pengetahuan adalah faktor pendukungnya. Tidak tahu apa yang harus dilakukan adalah alasan klise penghambat kesuksesan.

Siap untuk sukses? Berikut adalah 6 Rahasia Sukses Wirausaha untuk keberhasilan bisnis setiap pengusaha, wirausaha atau startup:

1. Tutupi kelemahan dengan membangun teamwork
Setiap orang memiliki keterbatasan. Anda mungkin mengalami kesulitan pada satu bidang, misalnya tidak tahu banyak tentang teknologi. Mungkin anda hebat dalam ide-ide tapi buruk di implementasi. Itu bukan halangan untuk sukses. Anda tetap bisa berhasil dengan cara membawa orang yang tepat masuk ke tim anda.

Pendiri dan miliarder Spanx, Sara Blakely, mengatakan hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan segera mengajak, menyewa atau mempekerjakan orang lain untuk menutupi kelemahan anda. Tak ada cara lain bila anda ingin segera bertindak. Mungkin anda berpikir bisa mengatasinya dengan mengambil kursus komputer atau desain, namun keputusan ini justru akan menghambat passion anda, ide-ide hebat yang semula mudah terbayang di kepala, buyar tertutup oleh deretan coding-coding program komputer dasar yang harus dihapal.

2. Siapkan modal lebih dari yang anda perkirakan
Memiliki cukup uang berarti mempertahankan perusahaan tetap mencapai arus kas positif. Perlu diperhitungkan bahwa perusahaan baru akan membutuhkan masa pengembangan, dimana akan membutuhkan banyak pendanaan diluar perkiraan. Ada godaan besar untuk menekan pengeluaran dana se-efisien mungkin pada tahap ini karena pertimbangan permodalan yang justru akan menghambat roda bisnis anda sendiri. Namun dengan memiliki kecukupan modal awal lebih besar dari yang anda perkirakan, maka perjalanan usaha kedepan akan lebih mudah. Portfolio dan rasio kecukupan modal ini juga akan sangat berguna bila rencana bisnis anda kedepan dirancang untuk membuka diri kepada pihak investor.

3. Penelitian pasar secara luas
Nomor satu alasan mengapa startup gagal adalah karena tidak memahami pasar dengan tepat. bagaimana mengidentifikasi peluang, permasalahan dan solusi yang bisa disediakan bagi pelanggan dan bagaimana cara menjangkau mereka cepat dan efektif.
Apakah anda memiliki cara menarik dalam jangka pendek yang memicu pelanggan untuk melakukan pembelian? Apakah market timing Anda terkendali? Adakah pasar besar yang mempunyai masalah besar yang anda ingin coba selesaikan dan itu cukup besar untuk mempertahankan keberhasilan anda dalam waktu lama? Tapi lupakan, bila anda hanya memiliki solusi untuk memecahkan masalah satu kali saja lalu kemudian dilupakan.

4. Gunakan alat promosi yang tepat
Gunakan tools atau alat promosi yang efektif untuk memperoleh pelanggan dan telah dikenal baik oleh pelaku usaha dan pasar, meskipun ada ratusan tools tersedia dengan ulasan yang saling klaim mereka yang terbaik. Untuk pemasaran melalui email rekomendasinya adalah Mailchimp atau Wyzowl, tools untuk membuat video animasi pada website. Jangan sekali-kali tergoda untuk mencari jalan pintas dengan melakukan spamming karena tindakan itu sama halnya dengan anda sedang membuang diri sendiri ke dalam kotak sampah.

5. Siapkan untuk perubahan
Akan selalu ada perubahan. Ada yang bisa dicegah atau dihambat. Sebuah perubahan yang tak bisa dicegah bisa menjadi ancaman serius untuk bisnis, anda harus selalu siap untuk antisipasi.
Mungkin pesaing baru saja meluncurkan versi uji coba produk yang mirip dari produk yang sedang anda kembangkan.
Mungkin pemasok anda tiba-tiba memiliki masalah serius dalam memenuhi pesanan dan kurang menjaga kualitas.
Mungkin rekan kerja yang anda andalkan tiba-tiba ingin keluar untuk mengejar ide lain yang lebih menantang baginya.
Apa anda sudah siap dengan antisipasi?
Apapun yang mungkin terjadi cepat atau lambat, anda harus selalu siap untuk perubahan dan menerapkan antisipasi cepat terlepas dari tantangan yang anda hadapi.

Lakukan inventarisasi masalah yang sekiranya bisa meninggalkan dampak negatif bagi bisnis anda, lalu sesuaikan dengan cara anda mengantisipasinya. Misalnya untuk perjanjian kerja atau kemitraan, buatlah klausal yang saling menguntungkan saat rekan kerja atau karyawan akan keluar. Untuk berhadapan dengan pesaing, antisipasi dengan selalu up-to-date dengan informasi baru atau teknologi baru dari sumber-sumber yang kompeten dan terkemuka.

6. Melayani pelanggan dengan layanan terbaik
Banyak perusahaan dengan produk berkualitas akhirnya gagal karena begitu terfokus pada penjualan dan lupa memberikan layanan pelanggan yang baik. Customer service sebenarnya tidak hanya tentang penanganan keluhan. Seharusnya bagian ini juga melibatkan program loyalitas, insentif untuk referensi dan kegiatan yang berfokus pada hubungan dengan pelanggan lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa “Penjualan tanpa layanan pelanggan yang baik seperti memasukkan uang ke dalam saku berlubang.”
Jika anda belum fokus memaksimalkan fungsi dan peran bagian ini dalam strategi bisnis, saatnya untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk mendukung perkembangan usaha. Pelajari masalah-masalah yang sering muncul dan kemungkinan-kemungkinan masalah yang bisa timbul kemudian siapkan standar prosedur untuk mengantisipasinya dengan tetap mengutamakan kepuasan pelanggan.

Tidak peduli siapa anda atau apa yang akan anda coba lakukan sebagai pengusaha, anda dapat menemukan keberhasilan dengan meniru teknik rahasia sukses wirausaha diatas. Pengusaha sukses sebelum anda telah menggunakan teknik tersebut dan kini giliran anda mencobanya untuk bisnis anda sendiri. Apakah anda sudah siap mengambil tindakan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *