Bagaimana Cara Cerdas Bisnis Waralaba Murah

Bagaimana cara cerdas bisnis waralaba murahBisnis waralaba di Indonesia cukup mengalami perkembangan pesat. Saat ini, ada banyak peluang usaha bisnis waralaba dengan modal dibawah 10 juta. Penyedia franchise murah pun semakin meringankan para wirausaha dan pengusaha yang ingin memperoleh profit dari bisnis waralaba tersebut. Pewaralaba menyediakan paket usaha dengan merk yang sudah dikenal, kemudahan instalasi dan hal-hal teknis lainnya.

Keuntungan dari bisnis ini adalah brand sudah dikenal, jadi anda tak perlu ‘ngoyo’ untuk mengenalkan dan memasarkan produk. Bagi para wirausahawan yang sudah berpengalaman, tentu bisnis waralaba bukan hal yang sulit. Namun bagi para pemula, ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan matang-matang.

Bagaimana cara cerdas bisnis waralaba murah? Berikut adalah beberapa catatan penting yang sebaiknya anda ketahui:

1. Pilih yang sudah punya nama
Ada baiknya memilih waralaba yang sudah punya nama. Jika franchise mereka sukses, maka peluang bisnis anda pun akan berada di jalur yang sama. Terkenal atau tidaknya sebuah produk franchise menjadi indikator mutlak larisnya jualan tersebut. Pilihlah waralaba yang sudah terbukti laku dan sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya. Dengan begini, Anda sudah mendapatkan hati konsumen sebelum memulai.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau pemilik usaha franchise tersebut sudah memiliki ijin usaha atau hak paten. Hal ini untuk menghindari munculnya permasalahan di kemudian hari. Anda tak mau diributkan dengan urusan hukum, kan? Perbanyak informasi mengenai pemilik franchise atau menanyakannya pada mitra lain yang sudah bergabung. Anda juga harus berkonsultasi dengan pihak pemilik franchise untuk meyakinkan diri Anda.

2. Sesuaikan dengan budget
Ada banyak sumber modal usaha untuk berwirausaha baik itu pinjaman dari bank, tabungan sendiri atau kredit. Pastikan modal usaha Anda cukup untuk mendanai segala kebutuhan franchise. Hitung pula proyeksi keuntungan yang didapat untuk membayarkan hutang Anda.

3. Berani menerima resiko
Meski franchise yang Anda pilih itu sukses, resiko tetap ada dan anda harus memikirkan resiko yang mungkin timbul. Akan ada banyak hambatan yang bisa saja muncul seperti kenaikan sewa, komplain dari konsumen dan lain sebagainya. Meski begitu, Anda harus tetap optimis menjalankan apa yang sudah Anda mulai dengan susah payah.

4. Survey tempat stategis
Setiap franchise menyasar target yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengetahui target market dari produk yang akan Anda jual. Hal ini akan menentukan lokasi usaha franchise tersebut.Β  Misalnya, jika Anda menjual snack, pastikan lokasinya berada di kerumunan seperti stasiun, mall, tempat hiburan dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda menjual makanan ringan di tempat yang kurang ramai pengunjung. Pintar-pintarlah menentukan segmen mana yang akan dibidik dan menyesuaikan tempat yang cocok.

Keuntungan dari waralaba dibawah 10 juta adalah murahnya modal usaha yang harus anda keluarkan. Dengan investasi kecil ini, Anda sudah dapat mengoperasikan usaha yang telah disiapkan oleh pemilik franchise. Anda hanya cukup mencari lokasi tempat usaha. Selain itu, modal yang dikeluarkan biasanya cepat kembali karena cukup terjangkau. Namun adapula kekurangannya seperti banyaknya produk serupa yang ada di pasaran. Selain itu, banyak franchise murah yang kurang memiliki kredibilitas. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih merk dan memanfaatkan peluang usaha ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *