Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dalam Bisnis Online

Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dalam Bisnis OnlineMeskipun bisa dibilang bisnis online lebih mudah dijalankan daripada bisnis konvensional, bukan berarti tidak ada yang perlu diketahui atau di pelajari sebelum membangun bisnis online dengan berjualan lewat internet. Berbagai hal sebaiknya diketahui terlebih dulu untuk mempersiapkan diri anda dalam berbisnis online.

Berikut akan kami bahas mengenai hal penting yang perlu diketahui dalam bisnis online.

1. Modal
Tentunya setiap bisnis memerlukan modal, baik konvensional atau bisnis online. Namun, bisnis online akan memerlukan modal yang lebih kecil dibandingkan dengan bisnis konvensional. Modal dasar yang perlukan untuk bisnis online biasanya adalah smartphone, laptop, internet dan stock barang yang akan dijual. Meskipun berjualan online bisa langsung anda lakukan dengan gratis dengan cara membuka lapak atau toko online di banyak situs marketplace atau forum komunitas, nantinya perlu juga dipersiapkan biaya pembuatan website sendiri yang permanen, biaya iklan dan promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau trafik bila anda telah memasuki tahap bisnis yang lebih serius.

2. Sabar
Memulai bisnis memang harus sabar, juga dalam bisnis online akan memakan waktu, terutama saat memulai. Persiapan barang, upload barang ke social media atau website untuk jual beli. Penataan yang baik tentunya akan menarik minat dari pelanggan untuk berbelanja di bandingkan dengan penataan yang sembarangan. Untuk melakukan penataan itu memang harus sangat sabar supaya mendapatkan konsep yang menarik. Banyak pebisnis online mengira setelah menampilkan barang secara online maka akan segera datang banyak pembeli yang mengorder, saat produk jualan tidak ada pembeli mereka mulai kecewa dan menyerah. Padahal yang benar saat memulai bisnis online membutuhkan waktu agar produk yang kita iklankan tersebar luas, juga kita perlu meyakinkan salon pembeli dengan selalu aktif berkomunikasi dan cepat merespon setiap pertanyaan atau komentar.

3. Sinkronisasi
Maksimalkan fungsi smartphone sebagai customer service dan penerima order. Bila anda berbisnis online lewat marketplace, install aplikasi marketplace tersebut dalam handphone anda sehingga saat ada pertanyaan atau pemesanan anda dapat langsung merespon dengan cepat. Dengan demikian anda akan mendapatkan feedback yang positif baik dari pembeli dan rating positif dari pihak marketplace. Jangan lupa juga aktifkan email agar dapat segera menjawab setiap pertanyaan atau komentar yang masuk melalui email.

4. Semua Bisa
Ya, bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan banyak remaja yang sudah memulai bisnis onlinenya. Oleh karena itu, kita harus bisa memiliki mental baja untuk bersaing secara sehat dengan semua orang. Dengan terus mempelajari sistem dan prosedur yang ada dalam bisnis online, maka anda akan semakin mahir dan makin berpengalaman dalam berbisnis online.

Keempat poin inilah yang akan menjadi pengetahuan dasar bagi anda yang ingin berbisnis online. Pastikan anda memperhatikan semuanya dan semoga keempat tips ini bisa berguna untuk Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *