Memperbesar Peluang Sukses Dalam Bisnis Waralaba

Memperbesar Peluang Sukses Dalam Bisnis WaralabaPeluang bisnis dengan sistem franchise atau waralaba tampaknya akan tetap jadi salah satu pilihan wirausaha yang menguntungkan. Dengan pertimbangan lebih mudah dan cepat dijalankan, sistem dan standar layanan yang sudah siap, berikut dengan analisa bisnis dan potensi margin keuntungan yang akan didapat.

Jika tertarik ingin memulai wirausaha lewat bisnis waralaba yang menguntungkan, sebaiknya anda mempertimbangkan bisnis tersebut secara matang. Mulai dari pemilihan jenis usaha yang cocok dengan passion anda, pemilihan brand yang akan diambil, lalu dipadukan dengan melakukan survey lokasi yang strategis dan peluang pasar yang tersedia disana. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan mental, ketekunan dan kemampuan anda dalam menjalankan usaha tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memperbesar peluang sukses dalam bisnis waralaba, berikut adalah cara memperbesar peluang sukses dalam bisnis waralaba.

1. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan anda
Meskipun dalam jalinan kerjasama waralaba anda akan mendapatkan dukungan teknis, sistem pengelolaan dan promosi, anda tetap harus memiliki ikatan batin yang kuat dengan jenis usaha yang akan anda kelola. Misalnya naluri bisnis anda kuat dan memahami dunia pendidikan, sebaiknya ambil franchise lembaga kursus atau les privat. Bila anda memiliki minat dalam dunia kuliner, waralaba produk makanan dan minuman akan cocok untuk anda.

2. Pilih brand waralaba yang sudah teruji
Ada banyak pilihan waralaba dengan bermacam jenis usaha dan jumlah modal bervariasi, yang mudah anda temukan dengan sekali search di google. Tapi bagaimana memilih waralaba yang tepat? Untuk memperbesar peluang sukses, coba jajaki dahulu detail lengkap tentang usaha waralaba yang ingin anda ambil. Yang wajib anda ketahui adalah; Berapa lama waralaba tersebut sudah beroperasi, berapa banyak cabangnya di kota-kota lain, bila memungkinkan gali informasi juga dari pewaralaba yang sudah menjalankan usaha tersebut untuk referensi. Waralaba yang berkembang baik dan sudah teruji biasanya sudah berjalan lebih dari 4 tahun. Paling ideal apabila waralaba tersebut sudah terdaftar di Departemen Perdagangan dan memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).

3. Memberikan layanan pelanggan terbaik
Salah satu kelebihan memiliki usaha waralaba adalah nama dan produk yang kita jual sudah banyak dikenal oleh pasar. Dengan demikian salah satu tahap awal dalam mendirikan bisnis yaitu pengenalan merek dan produk sudah terbentuk, jadi tak perlu banyak anggaran untuk memperkenalkan diri. Tugas penting anda kedepannya adalah mempertahankan image perusahaan dan produk agar tetap berkualitas, mampu bertahan dan terus berkembang. Caranya adalah dengan menyajikan layanan prima kepada pelanggan dan menyelesaikan keluhan yang mungkin timbul dengan sebaik mungkin. Harap dicatat: Layanan prima dan penanganan keluhan dengan bijaksana adalah kunci utama untuk memperbesar peluang sukses dalam bisnis waralaba.

4. Teknik pengembangan usaha
Saat stabilitas usaha sudah terbentuk dan investasi modal sudah kembali, anda dapat lebih leluasa untuk menaikkan income dan mengembangkan usaha dengan mencoba inovasi teknik pemasaran baru untuk meraih pelanggan baru dan memperluas pasar. Pilihan lainnya, anda dapat mencoba teknik replika untuk membuat usaha lain milik sendiri dengan menerapkan kualitas layanan dan standar sistem operasional seperti yang dijalankan dalam usaha anda sebelumnya. Hal ini dapat anda lakukan karena anda kini adalah seorang pengusaha dengan memiliki residual income. Ayoaction!

You may also like...

1 Response

  1. Ahmad Sumardjo says:

    Mencerahkan sekali. Terima kasih ubtuk admin yang sdh sharing infonya. Salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.