Motivasi Bijak Sir Richard Branson Untuk Pebisnis Pemula

Apa saja ilmu yang dibagikan oleh Richard Branson dalam bukunya? Berikut rangkuman motivasi bijak Sir Richard Branson untuk pebisnis pemula.Richard Branson adalah CEO The Virgin Group, sebuah perusahaan yang memiliki lebih dari 400 cabang perusahaan termasuk Virgin Atlantic, Virgin Mobile dan Virgin America. Richard percaya bahwa sebenarnya tidak ada teori pakem yang bisa menjamin bisnis anda sukses. Setelah malang-melintang di dunia entrepreneur, Richard Branson menulis buku yang ia dedikasikan kepada siapa saja yang ingin memulai bisnis dan meraih keberhasilan. Judulnya pun cukup kontroversial, “Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School.”

Apa saja ilmu yang dibagikan oleh Richard Branson dalam bukunya? Berikut rangkuman motivasi bijak Sir Richard Branson untuk pebisnis pemula.

1. Jika anda tak suka, jangan lakukan
Nasehat ini singkat tapi sangat mengena. Menurut Richard, sebuah bisnis tak hanya dibangun dengan modal usaha tapi juga keringat dan darah. Ia membangun perusahaan rekaman di sebuah basement di London. Saat itu, ia ingin menciptakan sesuatu yang dapat merubah kehidupan banyak orang. Ada banyak liku-liku yang dihadapi tapi karena ia menikmati dan senang menjalankannya, ia tak pantang menyerah.

2. Temui banyak orang
Richard juga menyarankan para pelaku bisnis untuk sering keluar dan bertemu banyak orang. Anda harus pandai ‘menjual diri’ agar orang mengetahui siapa anda. Selain itu, bertemu banyak orang semakin memperkaya anda dengan pengetahuan serta nasehat dari para pakar yang lebih dulu terjun di bisnis yang akan anda geluti.

3. Berani ambil resiko
Tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang berjalan tanpa resiko. Ada salah satu kutipan motivasi bijak yang dikatakan oleh Richard, “Yang berani memang belum tentu hidup selamanya, tapi yang hati-hati tidak pernah benar-benar hidup.” Bermain aman boleh saja tapi itu tidak akan mendatangkan kesuksesan bagi anda. Tidak ada istilah gagal total dalam dunia bisnis karena anda selalu bisa memulainya lagi.

4. Kesan pertama itu penting, begitu juga kesan kedua
Kesan pertama yang baik akan berdampak positif bagi bisnis anda. Anda akan menarik pelanggan-pelanggan baru. Lalu apa yang terjadi? Kesan yang kedua pastilah mereka yang menguhubungi customer service anda. Dalam situasi seperti ini, bisnis anda akan diuji. Kesan kedua akan menentukan apakah anda mampu meng-handle masalah dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

5. Tak ada yang sempurna di dunia ini
Jangan terlalu percaya diri bahwa bisnis anda sudah sempurna karena di tempat lain, seseorang sedang bekerja lebih giat untuk memperbaiki usahanya. Menurutnya, selalu ada ‘room for improvement’ sesempurna apapun hasil kerjanya. Untuk itulah nilai 100 dalam bisnis itu tidak ada.

6. Pelanggan adalah raja
Mungkin hal ini kerap terdengar di telingga anda. Menurut Richard, sebuah kesalahan besar jika perusahaan dibangun atas dasar pemikiran internal tanpa melibatkan pertanyaan-pertanyaan dari konsumen atau klien. Prinsip utama sebuah bisnis adalah “Pelanggan selalu benar”. Prinsip ini akan selalu membuat kita memahami bagaimana memuaskan konsumen serta meningkatkan pelayanan agar pelanggan tetap loyal.

7. Belajar mendelegasikan
Sebagai wirausaha, anda harus menyadari bahwa anda tak bisa melakukan semuanya sendiri. Rekrutlah orang-orang yang sevisi dan memahami passion anda.

8. Selalu berikan lebih
Ada baiknya anda sedikit berjanji. Richard menuturkan bahwa mengumbar janji itu tidak baik dalam dunia bisnis. Jika anda berjanji sedikit, lakukanlah hal yang melebihi janji tersebut. Selalu temukan cara baru untuk membantu orang lain agar mereka hidup lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.