Peluang Usaha Yang Bisa Dimanfaatkan di Lokasi Wisata

Peluang Usaha Yang Bisa Dimanfaatkan di Lokasi Wisata

(c). bintangsupermarket.com

Jika anda tinggal di daerah yang merupakan salah satu obyek wisata, kenapa tidak coba memanfaatkannya? Peluang usaha cendera mata, merchandise atau oleh-oleh bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mengenalkan potensi wisata daerah anda kepada wisatawan, juga bisa menawarkan sesuatu yang khas dari daerah anda. Dengan begitu anda dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya. Cukup fair bukan? Apalagi jika punya lokasi yang strategis dan produk menarik, tentu pengunjung akan dengan mudah mampir untuk belanja buah tangan untuk oleh-oleh dan kenang-kenangan.

Ada banyak macam peluang usaha yang bisa dimanfaatkan di lokasi wisata. Berikut adalah berbagai ide yang bisa Anda ikuti:

Cemilan khas untuk oleh-oleh
Siapa sih yang tidak suka makan? Apalagi jika makanan tersebut tidak ada di daerah asal mereka. Pastinya mereka akan penasaran lalu mencoba. Ya, makanan khas memang punya magnet bagi para wisatawan. Biasanya, para wisatawan tak segan untuk memborong dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagikan. Ada banyak contoh makanan khas seperti dodol garut, bika ambon, wingko, dan lain sebagainya.
Jika Anda dapat membuatnya, itu merupakan nilai plus karena Anda dapat memasarkannya ke toko oleh-oleh setempat.

Makanan khas untuk dinikmati
Lagi-lagi masih tentang makanan. Jika Anda suka memasak, membuka warung atau tempat makan khas daerah bisa menjadi pilihan peluang usaha. Banyak wisatawan yang kerap mengagendakan jalan-jalan mereka dengan wisata kuliner. Anda juga dapat berinovasi dengan makanan khas di daerah Anda agar masakan tersebut menjadi unik dan dijamin tidak ada di tempat lain. Lebih bagus lagi bila Anda dapat memiliki tempat di dekat lokasi wisata. Dengan harga yang sesuai, tempat makan Anda akan ramai pengunjung yang penasaran mencicipi hidangan khas daerah anda.

Kerajinan tangan untuk dibawa pulang
Kerajinan adalah cindera mata yang dapat dijadikan kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Sama seperti cemilan khas daerah, kerajinan tangan biasanya memiliki ciri khas unik yang tidak ada di tempat lain. Sesuaikan kerajinan tangan yang anda jual dengan lokasi wisata. Contohnya, daerah pantai identik dengan kerajinan tangan bertema pantai (gantungan kunci surfboard, sandal jepit, dan lain sebagainya).
Lain halnya dengan lokasi wisata di daerah pegunungan atau taman bermain. Jika Anda memproduksi kaos, pastikan kaos tersebut bertemakan daerah Anda. Kerajinan tangan yang khas tidak akan dilewatkan oleh wisatawan karena dianggap sebagai kenang-kenangan.

Kios makanan dan minuman ringan
Jangan salah, potensi penghasilan dari berjualan makanan dan minuman ringan juga tergolong besar. Misalnya minuman dingin yang disukai banyak orang, apalagi jika cuaca sangat panas. Tak masalah jenis minuman yang Anda jual. Es campur, jus jeruk, sari kacang hijau, atau minuman kaleng. Minuman dingin yang menyegarkan pasti akan dikerubuti oleh pengunjung yang kehausan setelah berwisata. Jangan lupa pastikan kalau minuman yang anda jual higienis!

Masih banyak ide bisnis dekat lokasi wisata yang potensial dan bisa dijadikan peluang usaha untuk memperoleh keuntungan. Apapun usaha yang anda pilih, pastikan anda menggunakan media promosi yang tepat sasaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.