Penyebab Kegagalan Startup dan Wirausaha Pemula

Penyebab Kegagalan Startup dan Wirausaha PemulaBerwirausaha adalah sebuah permulaan yang baik untuk bebas dari kesulitan finansial. Meski banyak yang meraih sukses bisnis lewat wirausaha dan menjadi perusahaan startup yang berkembang, tapi tak sedikit pula orang yang gagal. Penyebab kegagalan startup dan wirausaha pemula adalah karena kurangnya perencanaan bisnis yang matang.

Rencana bisnis atau business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang mengambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal, maupun eksterhal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. Isinya merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia. (Hisrich,Peter, 1995:113).

Inilah beberapa penyebab kegagalan wirausaha yang banyak dialami oleh wirausaha pemula:

Visi tidak jelas
Semua kesuksesan diawali dengan mimpi yang besar. Anda harus punya mimpi yang bisa memotivasi berjalannya bisnis Anda. Meski Anda tidak memiliki pabrik, setiap bisnis – sekecil apapun, haruslah memiliki tujuan yang jelas. Apakah bisnis Anda nanti bisa membantu orang lain? Apakah bisnis ini hanya mengikuti tren? Usaha apapun yang digeluti, jika tidak memiliki visi yang jelas pada akhirnya akan tumbang juga.

Salah merencanakan strategi jangka pendek dan panjang
Rencana adalah sebuah strategi. Ibaratnya, rencana itu pijakan yang akan Anda lalui. Apakah Anda sudah membangun pijakan 5 langkah kedepan atau anda ‘nyambi’ berbisnis sembari membangun pijakan? Ada baiknya memiliki rencana usaha agar Anda dapat menentukan pilihan atau membuat keputusan karena sudah memiliki ‘peta’ kearah tujuan.

Tidak menghiraukan kompetitor
Sebuah bisnis dapat dikategorikan menjadi dua tipe. Tipe pertama, bisnis tersebut belum ada sebelumnya. Tipe kedua, bisnis tersebut sudah ada sebelumnya. Sebuah startup haruslah mengamati pasar beserta kompetitornya. Bisnis yang masih baru, mungkin saja minim pesaing dan anda bisa jadi pioner asalkan mampu menciptakan dan meng-edukasi pasar. Bisnis yang sudah ada tentu sudah ada pula pasarnya namun anda harus mampu bersaing dengan banyak kompetitor. Keduanya memiliki kelemahan dan kelebihannya. Bisnis Anda harus bisa menjadi solusi yang utama bagi konsumen dan sanggup bersaing dengan kompetitor.

Terlalu banyak pertimbangan
Dalam dunia wirausaha, pertimbangan memang diperlukan. Akan tetapi, terlalu banyak pertimbangan juga tidak baik karena ini menyebabkan anda ragu untuk melangkah lebih jauh. Anda akan terus menerus memikirkan resiko tanpa bergerak maju sedikitpun.

Tidak siap mental
Meski kondisi mental tidak dapat diukur secara statistik, tapi banyak bisnis gulung tikar akibat kurangnya kegigihan dari para pendirinya. Dalam menggeluti dunia wirausaha, mental yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Perlu pikiran yang tenang dan langkah yang pasti dalam menyelesaikan sebuah problema. Jika anda tidak bermental baja, Anda harus siap-siap tergusur dari kompetisi.

Produk tidak sesuai yang diinginkan
Gagalnya memenuhi permintaan pasar juga merupakan salah satu penyebab mengapa banyak bisnis startup tidak sukses. Terkadang mematok harga tinggi tidak disertai dengan kualitas yang memadahi. Di era informasi teknologi yang semakin berkembang, konsumen dapat dengan mudah berpindah hati jika Anda tidak peduli dengan keinginan mereka. Sebuah bisnis perlu inovasi dan kualitas haruslah jadi point penting agar Anda bisa menjadi wirausahawan sukses.

Marketing yang kurang tepat sasaran
Saat ini, media sosial sangat booming. Namun tidak berarti anda harus sign-up di semua media sosial ini untuk mendapatkan target konsumen. Anda harus jeli melihat, dimanakah konsumen anda berada. Facebook dan Instagram masih merajai dunia sosmed. Tak ada salahnya menjajal peruntungan anda lewat kedua platform tersebut dan berfokus disana.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *