Tips Mempertahankan Bisnis di Era Globalisasi

Tips Mempertahankan Bisnis di Era Globalisasi“Mempertahankan posisi di atas jauh lebih sulit dibandingkan meraihnya.” Begitulah sebuah ungkapan tertulis tentang sebuah kesuksesan, termasuk juga salah satunya adalah kesuksesan dalam bisnis. Sebagai pengusaha tentu tidak selalu mengalami keuntungan, dalam prosesnya pasti diiringi dengan berbagai kegagalan dan kerugian baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Sering kita memperhatikan para pengusaha yang sukses berada di puncak kejayaan, selalu ada kegagalan dan pengorbanan yang dilakukan, hanya yang mampu berusaha, sabar, dan bertahanlah yang bisa melewati masa-masa sulit tersebut.

Ketika sudah memperoleh kesuksesan, biasanya kita suka terlena dan merasa bangga, padahal justru ketika sudah di atas akan jauh lebih mudah terjatuh saat sedikit saja kita lengah, terutama di era persaingan pasar globalisasi saat ini.

Berikut ini beberapa tips mempertahankan bisnis di era globalisasi:

1. Terus Berinovasi
Mencari inovasi baru tentang produk dan cara pemasaran untuk mengikuti perkembangan pasar terbaru. Dengan selalu melakukan inovasi, kita bisa mengetahui dan mengerti apa yang disukai konsumen sesuai perkembangan.

2. Selalu meningkatkan kemampuan
Pengusaha yang mampu bertahan adalah yang selalu ingin belajar untuk memperbaiki diri guna meningkatkan keahlian diri, tidak hanya dilihat dari lamanya bekerja saja.

3. Fokus Kedepan
Meskipun kesuksesan sudah digenggaman, namun harus tetap fokus terhadap apa yang ingin diraih ke depannya. Managemen prioritas juga harus di perhatikan, sehingga bisa fokus mana yang penting untuk didahulukan permasalahan dan solusinya.

4. Solutif
Mengamati dan terus mengikuti kemauan pasar, sehingga produk kita selalu menjadi pilihan solusi atas kebutuhan konsumen.

Demikian tips untuk mempertahankan bisnis di era globalisasi yang tentunya segala produk apapun bisa diperdagangkan, sehingga menambah persaingan antara berbagai macam produk baik lokal maupun internasional.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *