Yang Perlu Diketahui Dalam Social Media Management

Yang Perlu Diketahui Dalam Social Media ManagementUntuk yang menjalankan bisnis secara Online, Social Media Management adalah hal yang sangat penting karena memang dari sinilah media promosi yang akan dilakukan. Berbagai cara dilakukan oleh para pebisnis untuk menjalankannya, namun ada beberapa poin penting yang tidak boleh dilupakan dalam memanage suatu social media. Disini akan kami jelaskan mengenai apa yang perlu diketahui dalam social media management.

1. Membuat Strategi yang tepat
Strategi penjualan yang baik dan benar diperlukan dalam hal ini, segala sesuatunya harus diperkirakan dengan matang, apa produk yang anda jual, siapa target pasarnya, dimana mereka biasa berada dan bagaimana cara menjangkaunya. Masing-masing media sosial memiliki penggemar sendiri yang dapat anda segmentasikan sebagai target market. Lakukan survey dan riset, di media sosial mana yang memiliki segmentasi pasar terbesar untuk produk anda.

2. Konten yang kreatif
Buat status, gambar atau video yang sekiranya bisa menjadi salah satu media yang menarik perhatian mereka dan membuat mereka betah menjadi follower di social media anda. Selain untuk tujuan itu tentunya juga untuk membuat mereka ingin membeli produk anda. Gambar dan video ditujukan untuk target audience yang sudah anda tentukan sebelumnya. Pelajari posting-posting atau gambar-gambar seperti apa yang paling mereka sukai dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk anda.

3. Iklan Berbayar
Banyak pebisnis online yang gagal karena kurang mengerti pola dan teknik berpromosi yang efektif di media sosial. Perlu diketahui, bahwa ada banyak media sosial yang dapat menjadi media pemasaran hebat namun masing-masing memiliki cara dan strategi yang berbeda untuk dapat berfungsi secara maksimal. Cari tau kelebihan masing-masing platform media sosialnya dan beranikan diri untuk mulai mempelajari dan mencoba fitur-fitur iklan berbayar yang disediakan.

4. Komunikatif dan responsif
Setelah melakukan tahap 1 hingga 3 diatas, tahap selanjutnya adalah layanan pelanggan. Berikan fast response yang baik kepada mereka yang ingin membeli, sekedar bertanya, ataupun hanya sekedar meramaikan postingan anda dengan positif, berikan ucapan terima kasih atau emoticon senyuman sebagai balasan. Semakin bersahabat di social media maka semakin banyak pula peluang anda mendapatkan kepercayaan mereka. Jangan delay terlalu lama untuk membalas pertanyaan atau komentar postingan, karena di media online, waktu sangat mahal dan koneksi internet sangat menentukan besarnya peluang anda.

5. Timing
Kapan mereka akan melihat postingan Anda? Pelajari waktu yang tepat untuk membuat postingan sesuai media sosial yang anda pilih. Ini penting diketahui karena menurut banyak penelitian, media sosial memiliki jam-jam prime-time tertentu yang sangat menentukan jumlah viewer postingan anda. Salah menentukan waktu maka hanya sedikit orang yang akan melihat produk anda dan usaha anda jadi kurang maksimal.

Itulah yang perlu dimiliki dalam social media management untuk bisnis Anda, semoga dengan adanya tips ini dapat membantu Anda terisnpirasi menjalankan social media anda lebih baik dan maksimal. 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.