Danar Hadi, Batik Khas Indonesia Yang Mendunia

batik-danar-hadiIndonesia sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu negara penghasil batik yang terkemuka di dunia. Tentunya gelar tersebut didapat tidak lepas dari eksistensi ribuan pengusaha batik di berbagai kota di Indonesia yang menggeluti usaha ini dengan berbagai macam ciri khas sesuai daerah masing-masing. Dari ribuan perngusaha tersbut, tidak semua berhasil mengembangkan usahanya sampai menjadi batik yang terkenal di pasar dunia.

Salah satu dari pengusaha yang berhasil membuat batik mendunia adalah H. Santosa, pengusaha batik yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Merek batiknya adalah Batik Danar Hadi, merek ini dikenal oleh masyarakat Indonesia karena kualitasnya yang tinggi dan bahkan menjadi merek batik yang ada di jajaran pasar elit Nasional maupun Internasional.

Kesuksesannya tidak lepas dari usaha kerasnya bersama istrinya yang memulai semuanya dari nol. H. Santosa memulai usaha Batik Danar Hadi pada tahun 1967 di usianya yang baru 26 tahun. Nama istrinya lah yang menjadi inspirasi untuk nama usahanya yaitu Danarsih. Selain nama istrinya, H. Santosa juga mengambil nama depan bapak mertuanya sebagai nama usahanya, sehingga jadilah nama Batik Danar Hadi sebagai merek usaha batiknya.

KeberhasilanH. Santosa didapatkan karena kecintaannya terhadap bisnis yang ia jalankan ini. Ia menganggap pekerjaan yang ia lakukan ini adalah sesuatu yang sangat istimewa baginya. Mulai dari proses pembuatan sampai dengan mendesain batik itu sendiri sangat di sukainya. Desain dari usahanya dilakukan tidak hanya sendiri namun juga di bantu oleh para desainer yang ada di perusahaannya yang mencapai sekitar 30 desainer. Dengan kecintaannya inilah usahanya bisa bertahan, berkembang dan sampai sukses seperti sekarang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.