Rustono, Raja Tempe Tokyo Asal Grobogan

Rustono, Raja Tempe Tokyo Asal GroboganSiapa bilang makanan rakyat Indonesia tidak bisa mendunia? Tempe, adalah salah satu makanan rakyat Indonesia yang sudah dikenal dunia, dan salah satu kisah suksesnya datang dari seseorang dengan nama Rustono asal grobogan yang sudah sukses merintis usaha tempenya di Negeri Sakura, Jepang. Ya, Rustono bisa disebut Raja Tempe Tokyo Asal Grobogan.

Perjalanan merintis usaha sendiri tentu tidaklah mudah, apalagi di negara lain yang segalanya serba asing dan berbeda. Kisahnya berawal dari dirinya yang adalah seorang bell boy di salah satu hotel di Yogyakarta selama bertahun-tahun, sampai akhirnya ia bertemu dengan wanita asal jepang bernama Tsuruko Kuzumoto yang kini menjadi istrinya. Di tahun 1997 Rustono memutuskan untuk merantau dan tinggal di Tokyo bersama istrinya.

Disinilah ia mulai merintis usahanya itu. Ia bekerja di berbagai tempat di Jepang, mulai dari perusahaan sayuran dan perusahaan roti yang menuntut ketelitian dan tanggung jawab tinggi. Rustono yang dulu karyawan disana mendapat banyak ilmu dari masyarakat Jepang, mulai dari cara hidup sehari-hari sampai dengan etos kerja seperti orang Jepang yang cukup tinggi.

Dengan berbagai ilmu yang didapat, ia kemudian terdorong untuk mulai membuat bisnis sendiri, bisnis yang ingin ia jalani adalah berjualan tempe, sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan, karena ia melihat makanan khas bangsa Indonesia yang terbuat dari kedelai ini juga sangat digemari masyarakat Jepang .

Untuk memuluskan cita-citanya, Rustono kemudian mengawali semuanya dengan melakukan tahap uji coba, yaitu membuat tempe yang benar-benar sesuai dengan lidah orang Jepang. Percobaan yang ia lakukan untuk membuat tempe ini berjalan selama kurang lebih 4 bulan lamanya, sampai akhirnya ia bisa membuat tempe yang pas dan sempurna. Namun itu bukan berarti ia langsung bisa  jualan, beberapa hal masih menjadi kendala, salah satunya seperti izin produk dan mendirikan usaha yang resmi di negara Sakura. Tapi dengan semangat juang dan niat yang sudah bulat, semua kendala dijadikan tantangan baru olehnya.

Dan akhirnya semua kerja keras Rustono terjawab setelah semua tantangan berhasil diselesaikan. Bisnis tempe yang ia rintis di Jepang ini sangat sukses dan berkembang pesat. Bahkan kini sudah berhasil membuat sebuah pabrik tempe di Jepang.

Semoga kisah Rustono dari Grobogan ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk berkreasi menciptakan bermacam inovasi peluang usaha dan makin memacu semangat menjadi wirausahawan dan pengusaha baru.

You may also like...

1 Response

  1. Keren banget nih. Orang Indonesia bisa sukses dengan kuliner asli Indonesia di negara lain. Untuk mendirikan usaha di Jepang, memang apa saja yang dibutuhkan? Kira-kira habis biaya berapa? Sebagai perbandingan dengan mendirikan usaha di negara sendiri yang kata teman-teman seringkali dipersulit dengan berbagai “persyaratan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *