Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis Rumahan (2)

Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis Rumahan

Bisnis Rumahan Laundry Kiloan (www.inspirasibisnis.info)

Masih membahas tentang memanfaatkan rumah sebagai modal bisnis rumahan, potensi usaha berikutnya adalah Membuka Jasa cuci/laundry kiloan.

Terlepas dari laju pertumbuhan ekonomi, situasi politik yang berubah atau perkembangan jaman yang berganti, tapi orang tetap akan berpakaian dan pakaian bersih akan selalu menjadi kebutuhan primer setiap orang.

Sebagian kita tak hanya bingung mengenakan pakaian apa setiap pagi, tapi juga terkadang tidak memiliki waktu untuk bisa mencuci baju secara rutin. Peluang usaha jasa laundry kiloan akan tetap dibutuhkan banyak orang, meskipun tingkat persaingan sudah ketat, namun kalau anda pandai melihat celah maka peluang akan selalu terbuka.

Seperti contoh kisah berikut ini:

Pengalaman ini dialami Apique ketika masih kuliah di Depok, Jawa Barat. Rumah yang jauh dan kesibukan kuliah membuat Apique dan teman-teman kuliahnya harus mencuci baju jauh-jauh ke Depok tiap dua hari sekali. Berawal dari celetukan seorang teman untuk membuka usaha laundry sendiri, ia kemudian mendirikan “Apique Laundry”. Siapa sangka mampu berkembang pesat dan bahkan kini sudah memiliki 13 cabang di seluruh Jakarta.

Meski bisnis rumahan ini bisa saja dilakukan di rumah, namun Apique menyewa sebuah ruko kecil dengan biaya Rp 6 juta setahun yang ia tawar supaya dapat dibayar secara bulanan. Total modal yang ia keluarkan untuk mesin cuci, mesin pengering, setrika, perlengkapan laundry, sewa tempat dan biaya renovasi kecil mencapai sekitar Rp 15 juta di tahun 2008.

“Rata-rata pakaian yang di laundry kiloan adalah pakaian harian. Harganya lebih ekonomis dan merakyat (dibandingkan) laundry satuan atau dry clean eksklusif,” jelasnya.

Apique juga memaparkan jika adanya laundry kiloan bisa membantu konsumen yang tidak memiliki asisten rumah tangga, sekaligus merupakan jenis bisnis rumahan yang tidak terpengaruh dengan cuaca atau pun krisis.

Area yang sederhana dan tidak luas seperti garasi rumah pun dapat menampung bisnis ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.