Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis Rumahan (4)

Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis Rumahan

Warung Garasi Ubud Bali

Contoh inspirasi bisnis dengan memanfaatkan rumah sebagai modal bisnis rumahan selanjutnya adalah Menjalankan Restoran Kecil. Coba lakukan survey sederhana di lingkungan anda, kira-kira apa yang tepat anda sajikan kepada mereka.

Clara dan kedua orangtuanya jeli melihat peluang pasar ketika mereka membuka sebuah restoran vegetarian di rumahnya.

“Kakek-Nenek saya vegetarian dan ketika itu susah sekali mencari menu vege,” cerita Clara yang juga berprofesi sebagai seorang pramugari. Ia menambahkan, lokasi rumah mereka juga cukup menjanjikan, karena dekat dengan beberapa vihara dan belum ada banyak restoran vegetarian saat itu – sekitar pertengahan tahun 1990an.

Modal yang dikucurkan untuk memulai usaha restoran bisa dibilang relatif besar. Biaya membeli etalase, meja, kursi dan alat masak mencapai sekitar Rp 10 juta, sementara kulkas untuk menyimpan frozen food harganya sekitar Rp 12 juta. Ini belum termasuk modal untuk menyediakan stok bahan makanan vegetarian yang dipesan dari importir di Jakarta sebesar Rp 8 juta.

Selain itu, usaha restoran juga memerlukan Surat Izin Usaha. Surat Izin ini bergantung pada lokasi usaha tersebut. Anda dapat mendaftarkannya ke kantor walikota setempat dengan membawa berkas-berkas seperti fotokopi KTP, fotokopi IMB, gambar denah lokasi, serta fotokopi NPWP.

Hingga saat ini, restoran Vegetarian “Liem Che” masih bisa ditemukan di rumah keluarga Clara di Tangerang, Banten. Bisnis rumahan tersebut masih berjalan dengan menghidangkan menu prasmanan dan menerima pesanan sekitar 50 kotak per hari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.