Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis Rumahan (1)

Memanfaatkan Rumah Sebagai Modal Bisnis RumahanAnda mungkin salah satu dari sebagian orang yang beruntung karena sudah punya rumah. Ini berarti Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa atau wajib menyisihkan sebagian uang per bulan untuk melunasi KPR. Memiliki rumah sendiri sama artinya anda sudah memiliki modal besar untuk menjalankan suatu bisnis. Salah satu caranya adalah memanfaatkan rumah sebagai modal bisnis rumahan. Menjalankan bisnis di rumah jelas punya banyak keuntungannya, anda otomatis terbebas dari banyak biaya, misalnya biaya sewa, transportasi, biaya bensin dan tentu saja bisa memangkas waktu yang lebih efisien kalau dibanding dengan orang yang kerja kantoran.

Lalu, kenapa anda tidak coba memulai bisnis rumahan? Hmmm, mungkin belum menemukan ide bisnis yang menarik? Ok, beberapa contoh bisnis rumahan dibawah ini mungkin bisa jadi bahan inspirasi buat anda.

1. Menyewakan Kamar Kost.

Berpikir bahwa dirinya tidak mungkin bekerja keras hingga tua, Laksminingrat ingin memiliki usaha yang bisa menghasilkan passive income di hari tuanya bersama suami. Ia melihat lokasi yang dekat dengan kampus memiliki potensi besar, karena diburu oleh para mahasiswa. Kebetulan, lokasi tempat tinggalnya dekat dengan kampus.

“Tinggal dekat kampus STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) sangat menguntungkan, karena mahasiwanya banyak dari luar kota,” kata wanita berusia 50 tahun tersebut.

Ia melakukan renovasi rumah, terutama untuk menambah jumlah kamar tidur, berikut kamar mandi di dalamnya. Selain itu, ia juga melihat kebutuhan mahasiswa, seperti internet dan peralatan elektronik dasar.

“Total biaya (yang dikeluarkan) ketika memulai dulu sekitar Rp 70 juta,” jelasnya. Setelah itu, ia masih harus mempekerjakan seorang asisten rumah tangga serta melakukan renovasi berkala, misalnya untuk perbaikan pintu kamar, shower dan keran air.

Untuk menetapkan harga, kata Laksmi, ia melakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu ke beberapa rumah kos di lokasi yang sama. Ia menyediakan kamar kos dengan kamar mandi dalam, karena mengetahui bahwa hal tersebut bisa cukup signifikan untuk menaikkan harga.

“Harga kamar kos dengan kamar mandi dalam Rp 1 juta, sementara yang kamar mandi luar Rp 800.000,” tukasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *