Apa itu Social Proof dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Apa itu Social Proof dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis AndaKetika semua orang melihat ke atas, apa anda akan ikut melakukan hal yang sama?
Ketika semua teman bilang makanan di warung pojok itu tidak enak, apa anda tetap mau mencobanya?
Kalau hampir semua teman beli pakaian dari merek tertentu, apakah anda juga tertarik ikut beli? Atau ingin beli yang lain dan tampil beda?

Kekuatan yang mempengaruhi anda setiap hari saat mengambil keputusan, mulai dari keputusan besar seperti dimana tempat yang nyaman untuk tinggal, sampai pilihan kecil misalnya mau makan siang apa hari ini, ini disebut dengan Social Proof. Saat kita merasa, bersikap dan berperilaku benar jika kita bertindak sama dengan kebanyakan yang orang lain lakukan adalah Social proof.

Social proof ada karena kita hidup dalam kelompok masyarakat. Setiap pilihan yang diambil oleh orang-orang disekitar kita mendorong dan mempengaruhi kita untuk ikut melakukan hal yang sama atau tidak. Social Proof adalah kekuatan besar yang akan selalu mempengaruhi perilaku kita setiap hari. Tak perduli seberapa kritis pemikiran kita namun pengaruh orang-orang disekitar kita akan tetap ada.

Social proof juga dikenal sebagai pengaruh informasi sosial, suatu fenomena psikologis dimana orang menganggap tindakan orang lain mencerminkan perilaku yang benar untuk situasi tertentu. Efek ini menonjol dalam situasi ambigu sosial, di mana orang tidak dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan perilaku, lalu menentukan pilihan yang didorong oleh asumsi bahwa orang sekitarnya memiliki lebih banyak pengetahuan tentang situasi.

Dalam kehidupan bisnis atau wirausaha, Social proof sangat penting karena dapat berperan sebagai alat ungkit untuk mempengaruhi penjualan online anda.

Salah satu contoh Social proof adalah testimoni keberhasilan. Hubungi setiap customer dan mintalah kesan mereka setelah menggunakan produk yang anda jual, tanya secara jujur bagaimana manfaat produk yang mereka rasakan, kalau tidak keberatan, mintalah foto mereka saat menggunakan produk anda.
Dari hasil feedback customer, tentulah ada kesan negatif dan positif. Pilah yang negatif untuk review internal dan melakukan perbaikan produk, lalu testimoni positif tampilkan di akun-akun sosial media. Saat calon customer lain yang melihat, ini dapat menjadi daya ungkit penjualan produk anda.

Metode yang efektif untuk mengiklankan testimoni produk dapat dilakukan dengan video atau photo yang didapat dari customer yang telah membeli produk anda. Pilih testimoni positif dan minta ijin kepada pelanggan anda bahwa testimoni dari mereka akan anda iklankan. Tampilkan foto atau video dari pelanggan anda di akun sosial media anda dan ucapkan terima kasih telah membeli disertai mention akun mereka.

Dengan metode ini setiap calon customer yang melihat banyaknya testimoni akan lebih tergerak untuk membeli produk dan mereka akan berpikir akan lebih menarik kalau nanti testimoninya kelak ditampilkan di akun sosial media anda. Metode ini akan semakin efekif apabila anda telah memiliki akun-akun sosial media ber-follower besar.

Itulah salah satu kekuatan Social Proof. Selamat bereksperimen!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.