Apa Manfaat Yang Didapat Dengan Mengikuti Kompetisi Startup?

Photo. Dailysocial.id

Sedang merintis startup dan masih bingung mencari cara untuk mengembangkan startupmu? Kenapa nggak coba ikut kompetisi? Banyak sekali jenis kompetisi startup yang bermunculan, misalnya seperti TheNextDev, Hackhathon, Ideas Competition hingga Pitching Competition. Banyaknya event tentang kompetisi startup menandakan bahwa memang sedang banyak bermunculan startup baru yang mayoritas didirikan oleh anak – anak muda.

Lalu apa manfaat yang didapat dengan mengikuti kompetisi startup? Apa sih pentingnya kompetisi – kompetisi startup tsb buat para founder startup? Well, Setidaknya ada 4 alasan mengapa kamu yang lagi membangun usaha rintisan harus mengikuti kompetisi startup sbb,

Memperluas Networking
Tidak bisa disangkal bahwa kompetisi startup merupakan tempat terbaik untuk membangun networking. Di kompetisi startup selain berkompetisi dan bersaing, kita juga bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang punya gairah dan minat dibidang yang sama. Di ajang kompetisi startup, bukan hanya dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki ide inovatif dan semangat untuk membuat perubahan, tapi kita juga punya kesempatan untuk menemukan anggota tim, mentor terbaik, mitra bisnis di masa depan, hingga calon investor.

Mentoring dan Pengetahuan Baru
Biasanya, kompetisi startup akan melibatkan orang-orang yg sudah expert di dunia startup. Dari sini, para founder startup awal bisa belajar tentang banyak hal, mulai dari cara melakukan pitching di depan investor, jatuh bangun startup, hingga programming untuk menghasilkan produk teknologi terbaik. Bukan hanya dapat belajar dari founder startup yang sukses membangun startup, tapi ada banyak ilmu yang bisa didapatkan dari peserta lain saat sedang melakukan pitching yang bisa diaplikasikan pada startupmu.

Diliput Media dan Sponsor
Walau mungkin belum berhasil menjuarai kompetisi, namun kamu akan tetap mendapatkan keuntungan besar dari sisi branding dan marketing. Selain diliput secara lokal maupun nasional yang memberikan promosi secara gratis tentang bisnis dan layananmu, juga memberimu peluang untuk dilirik oleh para investor penting.

Ajang Sharing dan Berbagi Motivasi
Banyak orang yang menyangka founder startup adalah pekerjaan yang santai karena merupakan perusahaan rintisan dengan tim dan modal yang tidak terlalu besar. Padahal pekerjaan sebagai founder startup bisa menyebabkan stres karena ada banyak detil yang harus diselesaikan.

Kompetisi startup menyatukan orang-orang yang berpikiran sama dari berbagai daerah dalam upaya mengembangkan startup. Bukan hanya itu, bertemu dengan founder yang menghadapi permasalahan yang sama bisa menjadi ajang untuk sharing, meningkatkan semangat, dan motivasi dalam membangun startup.

Dukungan Pendanaan dan Fasilitas Lainnya
Pendanaan menjadi salah satu faktor penting untuk mengembangkan startup. Dengan mengikuti kompetisi startup, founder startup punya kesempatan yang sama untuk memenangkan berbagai hadiah dan imbalan, seperti pendanaan, mentoring, hingga marketing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.